Kamis, 26 Oktober 2023


0

AKSI NYATA TOPIK 3

PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN

      1.   Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran? 

Sebelum memulai proses pembelajaran, saya berpikir topik ini akan memberikan saya ilmu lebih dalam mengenai cara mengajar yang mempertimbangkan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pendidikan.

2.   Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini? 

Setelah mengeksplorasi konsep-konsep dalam topik ini, saya menjadi mengetahui pendekatan, model, trategi, teknik, dan taktik dalam pembelajaran yang memerhatikan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik.

3.   Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi? 

Pembelajaran saya lakukan bukan hanya secara individu, namun juga secara kelompok. Kami bersama-sama mengkaji mengenai perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang memengaruhi dalam proses pembelajaran dan apa yang harus kami persiapkan untuk menghadapi hal tersebut.

4.   Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Pada proses demonstrasi kontekstual, banyak hal yang saya pelajari, dimulai dari cara mengorganisasikan tugas-tugas secara online bersama rekan lainnya, meramu materi, dan saling bertukar pendapat dengan teman lainnya.

5.   Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini? 

Setelah mempelajari topik ini, saya menjadi paham dampak yang terlihat dalam proses pembelajaran yang disebabkan oleh faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik. 

6.   Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?

Hal baru yang saya dapatkan setelah belajar topik ini yaitu, ternyata dinamika kelas seperti cara pikir, kebiasaan peserta didik, dan cara berkomunikasi peserta didik dipengaruhi karena faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik.

7.   Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?  

Contoh rancangan pembelajaran yang memerhatikan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik.

8.   Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain? 

Terdapat koneksi antara topik 2 mata kuliah perspektif sosiokultural dengan mata kuliah pemahaman tentang peserta didik dan pembelajarannya. Pada mata kuliah ini dibahas bagaimana proses pembelajaran dipengaruhi oleh faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Hal tersebut berkesinambungan dengan mata kuliah pemahaman tentang peserta didik dan pembelajarannya. Pada mata kuliah tersebut saya mempelajari bagaimana menerapkan pembelajaran yang tanggap budaya atau lebih dikenal dengan CRT.

9.   Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya? Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Mempelajari sosiokultural tentu sangat bermanfaat bagi saya sebagai calon guru. Saya menjadi paham perbedaan dan keberagaman yang terdapat di Indonesia dan bagaimana cara mengatasi hal tersebut.

Pada saat ini kesiapan saya berada di skala 8, hal tersebut dikarenakan saya masih perlu memperdalam materi untuk selanjutnya dapat mengimplementasikannya kepada peserta didik.

Hal yang perlu saya persiapkan lebih lanjut adalah memperkaya pengetahuan dan pemahaman melalui berbagai referensi.

0 komentar:

Posting Komentar