Rabu, 20 Desember 2023


Aksi Nyata Topik 5 Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan

0

 Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran? 

Sebelum memulai proses pembelajaran, saya sangat asing dan bertanya-tanya apa teori ZPD ini? bagaimana kolerasinya dengan mata kuliah perspektif sosiokultural dalam pendidikan?
Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini? 
Setelah mengeksplorasi konsep-konsep dalam topik ini, saya memahami bahwa ZPD merupakan sebuah teori yang diperkenalkan oleh Vygotsy yang membahas mengenai jarak kemampuan peserta didik dalam memecahkan permasalahan secara mandiri tanpa bantuan oranglain dengan kemampuan setelah diberikan bantuan oleh oranglain. Bantuan dalam hal ini disebut sebagai Scaffolding yang dapat berupa model, metode, teknik, strategi, atau media pembelajaran. Scaffolding dapat berasal dari guru, orangtua, teman sejawat, ataupun hal lainnya. Penerapan ZPD dapat membuat proses pembelajaran menjadi efektif dan terasa adil bagi peserta didik. Adil disini dimaksudkan bahwa dengan menerapkan ZPD, pembelajaran dapat disesuaikan sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik. Sehingga dalam proses pembelajaran peserta didik tidak akan merasa terlalu mudah atau terlalu sulit dalam memahami suatu materi.
Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi? 
Pembelajaran saya lakukan bukan hanya secara individu, namun juga secara kelompok. Kami bersama-sama mengkaji mengenai pengaruh ZPD pada proses pembelajaran dan kesiapan guru dalam menerapkan teori tersebut.
Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Pada proses demonstrasi kontekstual, banyak hal yang saya pelajari, dimulai dari cara mengorganisasikan tugas-tugas secara online bersama rekan lainnya, meramu materi, dan saling bertukar pendapat dengan teman lainnya.
Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini? 
Setelah mempelajari topik ini, saya menjadi paham bahwa untuk mengatasi kesenjangan didalam kelas, dapat diatasi dengan menganalisis ZPD pada kelas tersebut untuk selanjutnya dapat diberikan scaffolding yang sesuai.
Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?
Hal baru yang saya dapatkan setelah belajar topik ini yaitu pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran sebagai Scaffolding pada ZPD disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan materi pelajaran.
Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?  
Hal yang ingin saya pelajari lebih lanjut mengenai topik ini ialah bagaimana jika pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang dipilih sebagai scaffolding dirasa kurang tepat atau tidak berhasil memfasilitasi kemampuan potensial peserta didik.
Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain? 
Pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran sebagai scaffolding pada ZPD ini terkoneksi dengan beberapa mata kuliah seperti pemahaman peserta didik dan perkembangannya serta prinsip pengajaran dan asesmen. Pemilihan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran disesuaikan dengan kemampuan peserta didik terhadap suatu materi pelajaran sehingga mereka akan merasakan keadilan pada proses belajar mengajar. Teori tersebut sesuai dengan teori Teaching at the right level yang dibahas pada mata kuliah pemahaman peserta didik dan perkembangannya serta prinsip pengajaran dan asesmen.
Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya? Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?
Mempelajari pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran sebagai scaffolding pada ZPD sangat bermanfaat bagi saya sebagai calon guru. Saya menjadi paham apa yang seharusnya dilakukan untuk menjembatani kemampuan aktual dan kemampuan potensial peserta didik di kelas.
Pada saat ini kesiapan saya berada di skala 9, hal tersebut dikarenakan saya masih perlu memperdalam materi untuk selanjutnya dapat mengimplementasikannya kepada peserta didik.
Hal yang perlu saya persiapkan lebih lanjut adalah memperkaya pengetahuan dan pemahaman melalui berbagai referensi.

0 komentar:

Posting Komentar