Selasa, 26 Desember 2023


Aksi Nyata Topik 6 Perspektif Sosiokultural

0

 

 Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran? 

Sebelum memulai proses pembelajaran, saya berpikir bahwa topik ini akan membahas mengenai isu-isu terkini yang mempengaruhi proses pendidikan, dan solusi untuk menghadapi hal tersebut sebagai seorang guru.
Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini? 
Pada topik ini menjelaskan mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran penerapan di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik. Serta mengaitkan dan menyimpulkan isu-isu terkait pendekatan, strategi, metode, dan teknik dengan materi pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD untuk mewujudkan pendidikan yang berorientasi pada peserta didik.
Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi? 
Pembelajaran saya lakukan bukan hanya secara individu, namun juga secara kelompok. Kami bersama-sama mengkaji mengenai isu-isu sosial, budaya, politik, dan ekonomi yang mempengaruhi proses pendidikan dan kesiapan guru dalam menghadapi hal tersebut.
Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Pada proses demonstrasi kontekstual, banyak hal yang saya pelajari, dimulai dari cara mengorganisasikan tugas-tugas secara online bersama rekan lainnya, meramu materi, dan saling bertukar pendapat dengan teman lainnya.
Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini? 
Setelah mempelajari topik ini, saya menjadi paham bahwa seorang guru harus peka terhadap isu-isu sosial, budaya, politik, dan ekonomi pada peserta didik. Sehingga guru dapat menyesuaikan metode, teknik, model, dan media pembelajaran yang sesuai.
Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?
Hal baru yang saya dapatkan setelah belajar topik ini yaitu hubungan isu-isu dalam pendidikan yang mempengaruhi proses pembelajaran seperti adanya kasus pungli yang berpengaruh pada pemberhentian ekstrakurikuler oleh pemangku kebijakan setempat.
Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?  
Hal yang ingin saya pelajari lebih lanjut mengenai topik ini ialah bagaimana menghadapi isu-isu yang berkaitan dengan orang tua murid.
Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain? 
Isu-isu sosial, budaya, ekonomi, dan politik pada pendidikan ini terkoneksi dengan beberapa mata kuliah seperti pemahaman peserta didik dan perkembangannya , prinsip pengajaran dan asesmen, filosofi pendidikan, dan PPL 1. Isu-isu yang berkenaan dengan latar belakang peserta didik ataupun kebijakan saat ini (kurikulum merdeka) harus diperhatikan dalam perancangan dan pelaksanaannya. Selain itu, untuk memberikan pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, perlu dilakukan asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif. 
Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya? Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?
Mempelajari isu-isu sosial, budaya, ekonomi, dan politik pada pendidikan sangat bermanfaat bagi saya sebagai calon guru. Saya menjadi memahami bahwa pembelajaran tidak hanya berfokus pada peserta didik itu sendiri, namun harus mempertimbangkan isu-isu yang sedang terjadi pada pendidikan.
Pada saat ini kesiapan saya berada di skala 9, hal tersebut dikarenakan saya masih perlu memperdalam materi untuk selanjutnya dapat mengimplementasikannya kepada peserta didik.
Hal yang perlu saya persiapkan lebih lanjut adalah memperkaya pengetahuan dan pemahaman melalui berbagai referensi.

0 komentar:

Posting Komentar